Maradona Minta Maaf Usai Mengkritik Wasit

Piala Dunia 2018

Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA kali ini memberikan reaksi keras terhadap pernyataan Diego Maradona terhadap wasit Mark Geiger yang menjadi pemimpin laga Inggris Vs Kolombia di babak 16 besar Piala Dunia 2018. FIFA menyebut pernyataan yang berasal dari diri Maradona tidak pantas diucapkan untuk diucapkan.

“FIFA sangat kecewa membaca pernyataan dari pemain yang telah mencetak sejarah dalam permainan ini,” tulis FIFA seperti dikutip Sky Sports.

Sedikit rekap sebelumnya, Inggris berhasil menang atas Kolombia pada Babak 16 Besar Piala Dunia 2018, Rabu (4/7/2018) dini hari WIB. Permainan belangsung secara kasar dan banyak yang melakukan berbagai hal yang tidak sportif. Pertandingan pun harus berakhir imbang 1-1, Inggris berhasil masuk ke Babak 8 Besar Piala Dunia 2018 setelah menang 4-3 lewat adu penalty.

Akhirnya Kolombia harus tersingkir dari ajang Piala Dunia 2018 dan pulang kembali kerumah. Sedangkan Inggris melaju ke babak perempat final menghadapi Swedia.

Ketika berakhirnya pertandingan Maradona memberikan kritik pedas kepada wasit Geiger. Dirinya menyebutkan kemenangan Kolombia diambil dari laga tersebut. Hal ini disebabkan karena Maradona keberatan dengan keputusan yang diberikan wasit untuk menganugerahi Inggris tendangan penalty. Dengan kejadian ini legenda sepakbola asal Argentina tersebut menyebut bahwa Timnas Kolombia adalah korban perampokan besar-besaran.

“Hari ini saya melihat perampokan yang monumental di lapangan. Saya meminta maaf kepada rakyat Kolombia, tetapi para pemain tak layak disalahkan karena kita tidak memilih wasit,” ujar Maradona.
Serasa tidak cukup sampai disitu saja, Maradona kemudian melanjutkan dengan menyebut Geiger awam tentang sepak bola. Hal ini berhubungan dengan asalnya wasi tersebut, Amerika Serikat.

Di sisi lain, dengan menangnya Inggris lewat adu penalti menandakan bahwa kutukan mereka sudah sirna. Tercatat selama ajang adu penalty Inggris selalu kalah dan hanya menang beberapa kali.

Diego Maradona meminta maaf
Diego Maradona akhirnya melayangkan permintaan maaf kepada pihak FIFA setelah dirinya melakukan kritik pedas terhadap kinerja wasit di Piala Dunia 2018. Dia mengerti jika tugas wasit dilapangan tidaklah mudah.

Maradona juga mengarahkan kesalahan kepada kepala komite wasit FIFA Pierluigi Collina yang menunjuk Mark Geigar sebagai pemimpin laga tersebut. Federasi sepakbola terbesar dunia pun merespons tuduhan Maradona dan menyesali bahwa komentar datang dari seseorang sejarah pemain sepakbola.
Sekarang Maradona sudah meminta maaf atas semua tuduhan yang sudah dia keluarkan. Pemain bersejarah itu mengakui tugas wasit tidaklah mudah.